Cara Menjaga Kesehatan Anak Sekolah

Kesehatan Anak Sekolah – Selain ilmu pengetahuan dan pendidikan, kesehatan anak sekolah juga seringkali menjadi sorotan publik terhadap suatu kualitas sekolah. Walaupun sebenarnya kesehatan anak sekolah bukanlah merupakan tanggung jawab mutlak pihak sekolah, namun seringkali pihak sekolah lah yang disalahkan apabila ada anak yang memiliki masalah dengan kesehatannya ketika sang anak berada dilingkup sekolah.

Oleh karena itu, mau tidak mau pihak sekolah juga harus turun tangan dalam menjaga kesehatan anak agar kualitas sekolah tidak dipandang buruk oleh para orang tua maupun masyarakat lainnya. Ada beberapa langkah yang dapat diambil pihak sekolah agar kesehatan anak sekolah tetap terjaga dengan baik. Diantaranya adalah:

Kesehatan Anak Sekolah
Kesehatan Anak Sekolah
  • Memerhatikan makanan yang ada dilingkungan sekolah

Memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk mengatur segala keinginan anak sekolah. Terlebih lagi dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, pihak sekolah dapat mengambil langkah yang tegas demi menjaga kesehatan anak. Salah satunya adalah dengan memerhatikan makanan-makanan yang ditawarkan para pedagang dilingkungan sekolah. Salah satu caranya adalah dengan menyeleksi makanan yang dijajakan para penjual.

  • Membuka kantin sekolah yang terjamin

Langkah lainnya yang dapat ditempuh pihak sekolah adalah mendirikan kantin dengan daftar menu makanan yang telah dipilih oleh pihak sekolah sendiri. Membuka kantin sekolah, lalu pihak sekolah mencari sendiri orang yang dipercaya untuk menjual makanannya dikantin tersebut merupakan langkah yang lebih bagus lagi. Tentu saja, pedagang yang dipersilahkan untuk menjual makanan dikantin tersebut merupakan pedagang yang telah ‘diseleksi’ oleh para pihak sekolah dan terjamin mutu makanannya.

  • Menganjurkan anak untuk membawa bekal

Apabila kedua langkah diatas tidak dapat direalisasikan dilingkungan sekolah Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba langkah yang ketiga ini. Dengan membuat suatu program bahwa anak-anak harus membawa bekal dari rumah, tentu saja hal ini akan mengurangi intensitas anak untuk membeli makanan dilingkungan sekolah. Dengan begitu, asupan makanan anak tergantung dari bekal yang mereka bawa dari rumah.

Ketiga hal diatas merupakan langkah yang dapat ditempuh pihak sekolah untuk menjaga kesehatan anak sekolah. Namun sesungguhnya, masih banyak langkah-langkah lainnya yang dapat dicoba sesuai dengan situasi dan kondisi dimasing-masing sekolah.

Artikel Terkait :